Jumat, 09 November 2012

Kenapa lele begitu digemari, apa manfaat ikan lele

manfaat ikan lele, olahan lele
Saat ini ikan lele merupakan ikan primadona masyarakat khususnya di indonesia, kian lama kebutuhannya kian meningkat dan masyarakat kian gemar dengan ikan ini...beberapa teman pernah menanyakan kenapa lele begitu digemari, apa manfaat  dan apa untungnya makan ikan lele:

1. Lele adalah ikan konsumsi termurah
yap lele merupakan ikan konsumsi termurah saat ini dibanding dengan jenis ikan komsumsi lainnnya. Coba bandingkan harganya dengan ikan konsumsi lainnya maka pastilah yang termurah adalah ikan lele, ikan konsumsi seperti belut, gurami, nila, patin, tawes, mas, udang atau ikan hasil laut seperti cumi, kepiting, tongkol dll harganya umumnya diatas harga ikan lele, ikan lele dijual antara Rp. 13.000 s/d 16.000 per kilonya dipasaran sedangkan ikan lainnnya rata-rata lebih mahal. Sehingga tempat-tempat kulinerpun biasanya menjual harga lele dengan harga yang lebih murah

2. Ikan lele nilai gizinya tinggi
Ikan lele kadar proteinnya saja bisa mencapai 17%, dan dalam protein ikan lele mengadung semua asam amino esensial yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang cukup, dalam protein ikan lele juga mengandung lisin, leusin (C6H13NO2) dan metionin yang lebih tinggi dari protein susu dan daging, dan menurut penelitian leusin sangat baik untuk pertumbuhan anak-anak dan menjaga keseimbangan nitrogen, leusin juga berguna untuk pembentukan protein otot. Pakar gizi dari universitas Jember pernah mengadakan penelitian dan mengatakan bahwa  1 kg lele kandungan proteinnnya lebih baik dibanding 1 kg daging sapi namun dengan kadar lemak yang lebih sedikit yaitu 1 - 2 gr saja dibanding lemak dalam daging sapi yang bisa mencapai 14 gr. selain itu masih banyak kandungan gizi lain seperti kalsium, phospor, niacin, riboflavin, Fe (zat besi), thiamine, omega-3 dll.Perbandingan antara kalium dan natrium yang 5:1 dapat digolongkan bahwa lele juga termasuk makanan sehat untuk jantung dan pembuluh darah.

3. Ikan lele jauh dari pengawet berbahaya
Ikan lele yang selalu dijual dalam kondisi masih hidup, membuat ikan lele termasuk makanan konsumsi yang sehat dan bebas dari pengawet berbahaya seperti borak dan formalin, hal ini dari segi keamanan pangan, lele merupakan makanan yang sangat aman dikonsumsi, ini sangat berbeda makanan lain seperti daging dengan cacing hati atau daging glonggongan ngga ada namanya "lele glonggongan", belum lagi olahanya seperti bakso sangat rawan boraks demikian pula dengan ikan hasil laut seperti udang, tongkol, cumi dll kasusnya sangat sering disalah gunakan dalam hal pengawetan ikan.

4.Budidaya yang mudah sehingga tersedia melimpah
Ikan lele termasuk jenis ikan yang bisa hidup dimana saja, termasuk dengan kualitas air yang sangat jelek sekalipun serta tahan terhadap berbagai macam bakteri yang mengancam, sehingga ikan lele banyak dibudidayakan di indonesia, baik memang profesi budidaya lele atau sekedar untuk memelihara dan untuk memanfaatkan ruang yang kosong di pekarangan pribadi. Bahkan saat ini juga berkembang budidaya lele dengan hanya bermodal terpal dan didaerah yang sejatinya kekurangan air seperti di wilayah Gunung Kidul toh juga bisa menghasilkan. Sehingga dengan produksi yang melimpah sehingga mudah didapat dan harganya pun akan lebih stabil dan masyarakat lebih sering bisa mengkonsumsinya.

5. Ikan Lele merupakan ikan konsumsi untuk bahan olahan makanan terbaik
Dibanding dengan ikan lainnnya, maka ikan lele selain harganya yang relatif murah dan mudah didapat, lele juga mempunyai struktur tulang / duri yang sangat cocok untuk dijadikan makanan olahan seperti kripik lele, abon lele, nuget lele, crispy lele, kripik kulit lele dll.... sehingga bisa dikatakan lele is the best untuk makanan olahan.

6. Lele rasanya lezat dan gurih
Yes tanpa bumbu yang berarti saja ikan lele atau cat fish mempunyai rasa yang unik, gurih dan maknyus, memang ikan lain ada yang lebih maknyus dari lele, seperti belut misalnya atau ikan laut lain yang mungkin lebih gurih cuma harganya tidak se-maknyus lele.

Kesimpulannya  ikan lele sangat wajar dan pantas jika begitu digemari oleh masyarakat, selain banyak keunggulan dan manfaatnya ikan lele juga sangat menyehatkan dan tidak berefek pada penyakit kronis seperti kolesterol, jantung, stroke dll............so jika ingin sehat banyaklah konsumsi ikan khususnya lele ya.

Lihat juga di : Kandungan gizi lele

2 komentar:

  1. Thanks for info, jangan lupa kunjungi website kami untuk mengetahui cara jitu memancing ikan lele https://bit.ly/2oY9QVY

    BalasHapus

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Jual Kripik Abon Lele is proudly powered by blogger.com